Di jakarta ini masalah banjir menjadi salah satu faktor utama yang harus diperhatikan oleh masyarakat dan pemerintah khususnya. Sudah seharusnya dimulai dari sekarang kita mencanangkan program jakarta bebas banjir. Banjir di Jakarta ini sudah disebabkan oleh beberapa faktor masalah yang timbul.

Faktor – faktor yang menjadi penyebab banjir jakarta antara lain:    
*Masalah Sampah, Masyarakat yang bermukim di wilayah tepi sungai sering kali membuang sampah dan kotoran lainnya ke sungai, karena rasa malas untuk membuang ke tempat sampah. Disamping itu pendangkalan sungai juga disebabkan menjadi penyebab banjir.

*Masalah gedung – gedung bertingkat, semakin sempitnya lahan di jakarta yang selayaknya digunakan untuk daerah resapan air . Namun apa peran pmerintah? Sekelompok orang inging mengeruk keuntungan lewat perusahaan yang meimbangun gedung bertingkat. Oleh karena itu Jakarta sekarang ini sudah jarang adanya daerah resapan air. Mau mengalir kemana kalau begitu arus air yang tidak tertampung??

Jika saja masalah masalah di atas dapat terselsaikan, itu akan lebih baik karena setidaknya banir di jakarta akan teratasi sebagian. Padahal dengan sudah banyaknya tanggul – tanggul ,banjir kanal barat dan timur. Tetapi masih saja banjir belum teratasi kalau beberapa masalah diata belum bisa teratasi.