Sepertinya mata kuliah softskiIl / ISD (ilmu sosial dasar) ini hanya terdapat di Universitas Gunadarma saja. Pada awalnya saya sangat bingung, karena jurusan kuliah saya adalah teknik informatika atau IT. Namun pertama kali saya mengenal mata kuliah softskill saya tidak mengerti karena jurusan yang saya ambil terhadap mata kuliah tersebut sangat bertolak belakang. Setelah berjalannya waktu saya sudah mulai mengenal terhadap masing – masing mata kuliah.


Dan akhirnya saya mengerti bahwa mata kuliah Softskill itu juga terdapat di semua jurusan lainnya, yang mengharuskan mahasiswa / mahasiswi memiliki sebuah account Blog. Yang mana kegiatan blogging merupakan salah satu hal yang menjadi materi pengajaran mata kuliah ini. Dimulai dari kegiatan blogging tentu saja mahasiswa akan terbiasa menulis, dengan blogging orang lain pun bisa mendapatkan informasi satu sama lain.


Saya tidak memandang sebelah mata, bahwa mata kuliah ini tidak penting. Justru dengan kita sering membuat tulisan ataupun tugas di blog itu akan membuat kita rajin berpikir dan memiliki daya pikir yang kreatif. So happy enjoy to surfing in blogging.