Gambar di bawah ini adalah objek senjata RPG yang sudah jadi, namun objek ini belum diberikan material dan texturenya. Untuk menambahkan efek material dan texture dalam tutorial ini user akan menjelaskan langkah demi langkah untuk masuk ke dalam menu Material dan Texture.
 
Gambar kedua dibawah ini adalah Langkah untuk menambahkan efek Material, lihatlah kotak merah yang user tandai. Itu merupakan icon Material yang akan digunakan untuk user dapat memodif / memberikan efek – efek yang terdapat dalam material.

          Setelah klik new maka aplikasi akan menampilkan properties Material, kali ini user memilih pewarnaan untuk objek yaitu klik icon diffuse dan disana user memilih berbagai warna yang disediakan oleh aplikasi Blender ini.
 
Gambar dibawah ini merupakan renderan objek yang telah ditambahkan Material Pewarnaan. Dan objek berubah warnanya yang sebelumnya warnanya default, maka sekarang warnanya menjadi hijau dan hitam.
 
Dalam gambar dibawah ini adalah langkah dimana user menambhakan Texture pada objek senjata. Klik pada icon Texture dan klik New untuk menambahkan Texurenya.
Gambar dibawah ini adalah pemilihan type texture yang akan diterapkan pada objek yang nanti akan dirender. Terlebih dahulu pilihlah bagian objek yang akan diberikan efek texture.

Dibawah ini adalah hasil objek yang sudah dirender yang sebelumnya sudah ditambahkan pemberian Texture.

Pada langkah dibawah ini adalah untuk menambahkan background pada objek blender. Carilah icon world dan klik icon tersebut. 

Jika sidah masuk kedalam properties wolrd, maka ceklist 3 point yang terdapat di dalam properties tersebut dan aturlah warna yang dinginkan untuk nantinya dijadikan background.

Gambar dibawah ini adalah hasil renderan objek yang sudah di tambahkan backgroundnya.